20 Makanan Khusus Penderita Penyakit Jantung Koroner

Apa itu penyakit jantung koroner? Sebelumnya ulasan artikel ini mengarah pada 20 Makanan khusus penderita penyakit jantung koroner.

20 Makanan Khusus Penderita Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah menyempitnya pembuluh darah yang mengalirkan darah yang kaya akan oksigen keseluruh tubuh.

Penyempitan pembuluh darah ini terjadi karena adanya plak yang terbentuk pada pembuluh darah serta adanya pradisposisi pada genetik. Selain faktor tersebut ada juga factor-faktor lain seperti faktor usia, gaya hidup dan riwayat hidup.

Baca juga: 10 Makanan untuk penderita demam berdarah

20 Makanan Khusus Penderita Penyakit Jantung Koroner

Ada beberapa makanan yang baik untuk untuk penderita jantung koroner dan mengurangi resiko terjadi penyakit jantung koroner, diantaranya : 

  1. Coklat dapat menurunkan LDL dan menaikkan kadar HDL sehingga dapat mengikis timbunan lemak pada pembuluh darah.
  2. Pisang. Pisang  mengandung kalium yang membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh.
  3. Teh hijau mengandung kafein yang rendah dibanding kan dengan jenis teh yang lain seperti teh olong dan teh hitam, namun ke tiga teh tersebut banyak mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.
  4. Asparagus banyak mengandung fito kimia yang bisa menghambat sel kanker, kaya saponin, dapat menurunkan kolesterol lemak dan gula dalam darah, banyak mengandung vitamin C dan D.
  5. Oatmeal menurunkan kadal LDL, banyak mengandung banyak zat besi, kalsiumdan merupakan sumber protein.
  6. Jeruk dapat menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.
  7. Tomat. Merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium dan serat. Tomat juga mengandung lycopene, yang akan bekerja sama dengan vitamin dan mineral lainnya untuk membantu dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung.
  8. Pepaya mengandung enzim yang bisa membantu sistem percernaan.
  9. Apel, Peneliti Finlandia menemukan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi apel memiliki risiko yang sangat rendah untuk menderita stroke dan jantung. Flavonoid yang ditemukan dalam apel seperti kuersetin, epikatekin, epigalokatehin, dan kaempferol memiliki peran kunci untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat ( LDL ), dan mencegah penumpukan plak dalam arteri, serta menghambat peradangan.
  10. Ubi jalar mengandung antioksidan yang baik untuk jantung.
  11. Plum kering memiliki serat yang tinggi dan dapat mencegah terjadinya serangan jantung.
  12. Kenari mampu menurunkan zat endothelin dan asam linoleat pada kenari memiliki jumlah lemak omega 3 yang sama tingginya dengan ikan salmon dan ikan hering.
  13. Ikan hering dan ikan salmon sangat baik untuk penyakit jantung karena terkandung omega 3 yang tinggi sehingga bisa menurukan resiko terjadinya serangan jantung.
  14. Yogurt. Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt dapat melindungi terhadap penyakit gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung.
  15. Kismis. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kismis dapat memerangi tumbuhnya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi. Orang yang memiliki penyakit gusi akan mempengaruhi terhadap kesehatan jantung.
  16. Kacang hijau. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyarankan untuk mengkonsumsi 1/2 cangkir kacang hijau setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi untuk melindungi jantung, yakni flavonoid yang bekerja untuk menghambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga dapatr menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
  17. Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan rendah lemak jenuh.
  18. Aneka buah beri. Mengkonsumsi buah beri seperti stroberi, blueberry, acai berry, bilberry, raspberry dan aneka jenis buah beri lainnya dikaitkan dengan peningkatan tingkat kolesterol “baik” HDL dan menurunkan tekanan darah, dua hal positif untuk para penderita jantung.
  19. Delima merah. Penelitian menunjukkan bahwa delima merah dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri dan menurunkan tekanan darah.
  20. Popcorn. Mengandung  polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Popcorn bahkan memiliki polifenol 3 kali lebih banyak dibandingkan kacang merah.

Diatas adalah 20 Makanan khusus penderita penyakit jantung koroner yang baik dan tetap lakukan olahraga secara teratur untuk kesehatan jantung anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *