Kadar Kolesterol: Berapa Angka Yang Harus Menjadi Tujuan Anda?

www.tokoqncjellygamat.com – Orang yang memiliki resiko tinggi terkena sakit jantung mungkin memerlukan target angka kolesterol yang lebih rendah daripada orang dewasa lainnya. Kadar kolesterol harus dijaga dalam batas-batas yang sehat. Namun jika Anda memiliki faktor resiko lain bagi penyakit jantung, Anda perlu lebih waspada lagi – terutama dalam soal kadar low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol “jahat”.

Kadar Kolesterol: Berapa Angka Yang Harus Menjadi Tujuan Anda?

Jenis-jenis kolesterol

Kolesterol LDL dapat bertumpuk di dinding arteri, sehingga ikut berperan dalam penyumbatan arteri yang bisa berujung pada serangan jantung. Semakin tinggi kadar kolesterol LDL, semakin tinggi juga resikonya. Sebaliknya, kolesterol high density lipoprotein (HDL) dikenal sebagai kolesterol “baik” karena membantu mencegah tersumbatnya arteri. Secara umum, semakin tinggi tingkat kolesterol HDL berarti semakin rendahnya resiko.

Baca Juga: Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Tes darah untuk memeriksa kolesterol – yang disebut sebagai lipid panel atau profil lipid – biasanya melaporkan kadar:

  • Kolesterol total
  • Kolesterol HDL
  • Kolesterol LDL
  • Trigliserida, sejenis lemak yang seringkali bertambah akibat makanan manis dan alkohol.

Untuk mendapatkan hasil tes paling akurat, jangan makan atau minum apa pun (selain air) selama 9 sampai 12 jam sebelum contoh darah diambil.

Cara menafsirkan angka-angkanya

Kadar kolesterol diukur dalam miligram (mg) kolesterol per desiliter (dL) darah. Tapi berapa kadar optimal dari berbagai lipid ini? Pedoman di bawah ini mungkin dapat menjadi acuan bagi Anda.

Baca juga: Cara Mengobati Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil

Perbedaan Target Kadar LDL

Karena dikenal memiliki hubungan erat dengan penyakit jantung, kolesterol LDL menjadi perhatian utama dalam terapi penurunan kolesterol. Namun ini tidak semudah seperti yang terlihat dalam diagram. Target angka LDL bisa bervariasi, tergantung sebesar apa resiko Anda terkena penyakit jantung.

Kebanyakan orang sebaiknya mematok kadar LDL di bawah 130 mg/dL sebagai sasaran. Jika Anda memiliki faktor resiko lain untuk penyakit jantung, angka sasaran Anda mungkin di bawah 100 mg/dL. Kalau Anda memiliki resiko sangat tinggi untuk terkena penyakit jantung, mungkin Anda perlu menjadikan angka LDL di bawah 70 mg/dL sebagai target Anda.

Baca juga: Cara Mengobati Nyeri Sendi Lutut Akibat Asam Urat Dan Rematik

Jadi siapa saja yang dianggap beresiko sangat tinggi? Mungkin Anda termasuk ke dalamnya jika pernah terkena serangan jantung atau menderita diabetes. Selain itu, dua atau lebih dari faktor resiko berikut dapat juga menempatkan Anda dalam kelompok resiko sangat tinggi:

  • Merokok
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Angka kolesterol HDL rendah
  • Di antara keluarga ada yang memiliki sejarah terkena penyakit jantung di usia lebih dini
  • Berumur lebih dari 45 tahun jika Anda pria, atau lebih dari 55 tahun jika Anda wanita

Perubahan gaya hidup

Jika kadar kolesterol LDL Anda terlalu tinggi, hal pertama yang mungkin disarankan dokter adalah perubahan gaya hidup. Makan lebih banyak serat larut dan mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol dapat memperbaiki kadar kolesterol Anda. Jelly gamat walatra g-sea

Kelebihan berat badan dan kurang gerak cenderung meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL, persis berlawanan dengan yang Anda inginkan. Olahraga dan penurunan berat badan dapat membantu membalikkan kondisi ini. Hal yang terutama penting bagi mereka yang memiliki ukuran lingkar pinggang besar – lebih dari 40 inci (100 cm) bagi pria dan lebih dari 35 inci (87,5 cm) bagi wanita – karena orang-orang dengan bentuk tubuh seperti ini lebih rentan terkena penyakit jantung.

Baca Juga:

Obat juga mungkin diperlukan

Apabila perubahan gaya hidup belum cukup untuk mencapai target kolesterol Anda, dokter mungkin meresepkan obat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Obat bukanlah pengganti perubahan gaya hidup. Anda tetap harus memiliki pola makan yang sehat dan berolahraga.

Penyakit tersembunyi

Kadar kolesterol yang tinggi tidak memiliki gejala, namun susunan genetika Anda – yang tercermin dalam sejarah kolesterol tinggi atau penyakit jantung dalam keluarga – bisa saja membuat Anda lebih rentan pada kondisi ini, bahkan walaupun pola makan Anda sehat dan Anda berolahraga. Itu sebabnya memeriksakan kadar kolesterol sedikitnya sekali dalam lima tahun menjadi sangat penting. Menemukan masalah lebih dini memungkinkan Anda bertindak sebelum semuanya terlambat.

Baca juga:

Hendi Permana

Suka badminton, renang, dan futsal. Saat ini rutin menulis di tokoqncjellygamat.com memberikan tips kesehatan dan pengobatan herbal alami. Ikuti saya di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *