Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

PROMO BESAR
WALATRA JELLY GAMAT 350 ML DISKON Rp 40.000
CEK DISINI

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol – Dapatkah semangkuk oatmeal membantu mencegah serangan jantung? Bagaimana dengan segenggam walnut, atau bahkan kentang panggang dengan saus margarin yang difortifikasi sterol? Beberapa perubahan kecil dalam diet –  seperti hal-hal barusan – mungkin sudah cukup untuk mengatasi masalah kolesterol.

5 Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol
Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

1. Oatmeal Dan Oat Bran

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol – Oatmeal mengandung serat larut (soluble fiber), yang mengurangi low density lipoprotein (LDL), si kolesterol “jahat”. Serat larut juga ditemukan dalam makanan seperti kidney beans (sejenis kacang merah), brussel sprouts (sayuran hijau mirip kubis kecil), apel, buah pir, psyllium, barley, dan prune (buah plum kering). Serat larut tampaknya mengurangi penyerapan kolesterol di usus. Serat larut yang mirip gel mengikat getah empedu (yang mengandung kolesterol) dan kolesterol dalam makanan sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh. Baca juga: Cara Mengobati Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil

Lima sampai 10 gram serat larut per hari dapat mengurangi sekitar 5 persen kolesterol LDL. Makan 1,5 mangkuk oatmeal yang sudah dimasak memberi 4,5 gram serat – cukup untuk merendahkan tingkat kolesterol Anda. Untuk variasi, cobalah oat bran (bekatul gandum) atau sereal dingin yang dibuat dari oatmeal atau oat bran.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

2. Walnut, Almond, Dan Lebih Banyak Lagi

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol – Berbagai studi menunjukkan bahwa walnut dapat mengurangi kolesterol dalam darah secara signifikan. Kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, walnut juga membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan elastis. Almond tampaknya memiliki efek serupa, yang menghasilkan perbaikan yang terlihat jelas hanya dalam empat minggu. Baca juga: Cara Mengobati Gula Darah Tinggi

Untuk menurunkan kolesterol, diet yang 20 persen sumber kalorinya berasal dari walnut  diklaim dapat  menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 12 persen. Untuk diet 1.200 kalori per hari, 1/3 mangkuk walnut sudah mengandung sekitar 240 kalori, atau 20 persen dari total kalori per hari.

Namun semua kacang-kacangan tinggi kalori, jadi segenggam sudah cukup. Seperti semua makanan, sehat ataupun tidak, makan terlalu banyak dapat menambah berat badan, dan kegemukan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Untuk mencegah penambahan berat badan, gantilah makanan yang tinggi lemak jenuh dengan kacang-kacangan. Contohnya, daripada memakai keju, bacon, atau roti goreng (croutons) dalam salad Anda, tambahkan segenggam walnut atau almond. Baca juga: Cara Mengobati Jantung Bengkak Secara Tradisional

3. Ikan Dan Asam Lemak Omega-3

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol – Studi di tahun 1970an menunjukkan bahwa orang Eskimo Greenland memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah daripada orang-orang lain yang tinggal di Greenland pada masa bersamaan. Analisis dari perbedaan pola makan antara kelompok penduduk menunjukkan bahwa bangsa Eskimo makan lebih sedikit lemak jenuh dan lebih banyak asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan, paus, dan daging anjing laut.

Semenjak itu, berbagai riset mendukung manfaat makan ikan bagi kesehatan jantung. Kalau Anda tidak bisa bersantap ala Eskimo, beberapa sumber asam lemak omega-3 lain adalah biji rami (flaxseed), walnut, minyak kacang, dan minyak kedelai.

Asam lemak omega-3 dikenal karena bepengaruh dalam menurunkan trigliserida, sekaligus mampu membantu jantung dengan cara lain seperti menurunkan tekanan darah dan resiko penggumpalan darah. Pada orang-orang yang sudah terkena serangan jantung, minyak ikan – atau asam lemak omega-3 – secara signifikan menurunkan resiko kematian mendadak.

Dokter menyarankan makan sedikitnya dua porsi ikan per minggu. Tingkat tertinggi asam lemak omega-3 ditemukan dalam ikan mackerel, trout danau, herring, sardin, tuna albacore, dan salmon. Namun, untuk mempertahankan manfaat ikan bagi kesehatan jantung, masaklah dengan cara dipanggang atau dibakar.

4. Makanan Yang Diperkaya Sterol Atau Stanol

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol – Kini Anda dapat memperoleh makanan yang diperkaya atau difortifikasi sterol atau stanol – zat yang ditemukan dalam tumbuhan dan bisa membantu menghambat penyerapan kolesterol. Margarin dan jus jeruk yang difortifikasi sterol tumbuhan dapat membantu mengurangi kolesterol LDL sampai lebih dari 10 persen. Jumlah sterol tumbuhan  yang diperlukan untuk hasil seperti itu sedikitnya 2 gram sehari – yang setara dengan sekitar 500 cc atau 2 gelas  jus jeruk yang difortifikasi sterol tumbuhan. Baca juga: Cara Alternatif Mengobati Ginjal Bocor Ampuh Dan Aman

Makanan yang difortifikasi sterol atau stanol tumbuhan tampaknya tidak mempengaruhi trigliserida atau kolesterol “baik”,  high-density lipoprotein (HDL). Juga tidak mengganggu penyerapan vitamin larut lemak – vitamin A, D, E, dan K. Meski demikian, Asosiasi Jantung Amerika menyarankan makanan yang difortifikasi sterol tumbuhan sebaiknya hanya dikonsumsi orang yang memang memiliki tingkat kolesterol LDL tinggi.

Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol
Makanan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

5. Kedelai

Sejak lama dianggap memiliki efek menurunkan kolesterol, meta-analisis terbaru oleh Komite Gizi Asosiasi Jantung Amerika menunjukkan bahwa protein kedelai sebenarnya hanya memiliki dampak sangat kecil untuk menurunkan kadar kolesterol.

Bulan Januari 2006, Asosiasi Jantung Amerika mengeluarkan pernyataan bahwa manfaat protein kedelai bagi kesehatan kardiovaskular paling banter minimal. Tidak ditemukan adanya manfaat bagi HDL, trigliserida, atau tekanan darah, dan bahkan dengan asupan kedelai dalam jumlah besar pun hanya terlihat sedikit dampak pada LDL. Baca juga: Obat Maag Kronis Tradisional

Walaupun mungkin tidak dapat menurunkan kolesterol, kedelai mengandung berbagai vitamin dan mineral, selain sumber serat yang baik. Kedelai juga merupakan sumber protein alternatif yang rendah lemak dan menyehatkan.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Dan Menurunkan Kolesterol

Langkah pertama untuk diet jantung sehat adalah mengurangi asupan lemak jahat – terutama lemak jenuh dan lemak trans. Jika mengurangi lemak jahat belum cukup untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, mungkin Anda bisa mencoba menambah serat larut, kacang-kacangan, dan ikan ke dalam menu Anda. Dan jika Anda masih memerlukan lebih banyak manfaat dari makanan, produk yang difortifikasi dengan sterol tumbuhan bisa dicoba. Baca juga: Cara Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

Menyantap kombinasi berbagai makanan penurun kolesterol tampaknya meningkatkan manfaatnya. Namun bagi sebagian orang, perubahan diet saja tidak cukup. Jika tingkat kolesterol Anda masih tinggi setelah mengubah pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik, dokter mungkin menyarankan penggunaan obat penurun kolesterol ke dalam terapi Anda. Sumber: Staf Mayo Clinic

Hendi Permana

Suka badminton, renang, dan futsal. Saat ini rutin menulis di tokoqncjellygamat.com memberikan tips kesehatan dan pengobatan herbal alami. Ikuti saya di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *