37 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan (Salah Satunya Dapat Mencegah Kanker)

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan – Pepaya, buah yang memiliki rasa segar dengan kandungan air yang banyak ini sangat familiar di negara-negara tropis. Termasuk di indonesia buah pepaya menjadi komoditi terbanyak. Tapi selain buahnya, ternyata manfaat daun pepaya sangat menjanjikan untuk kesehatan kita.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

37 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Jika anda belum tahu mengenai manfaat dari daun pepaya. Inilah 37 manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Mencegah Penyakit Malaria

Salah satu manfaat daun pepaya adalah sebagai obat untuk penyakit malaria. Beberapa studi menunjukkan bahwa rasa pahit dari daun pepaya dapat sangat mencegah penyakit malaria. Jadi, jika anda sedang mengalami malaria atau ingin mencegah penyakit malaria, minumlah jus daun pepaya ini setiap hari secara teratur.

2. Mengurangi Sakit Akibat Datang Bulan

Daun pepaya bisa menjadi solusi untuk mengurangi rasa sakit selama menstruasi. Untuk mengurangi rasa sakit, anda dapat mengkonsumsi air rebusan dari daun pepaya.

3. Mengatur Siklus Menstruasi

Sejak daun pepaya memiliki sifat dan sangat ampuh untuk menyeimbangkan hormon penyembuhan, daun ini bisa membantu Anda mengurangi gejala sindrom pra menstruasi dan juga mengatur siklus menstruasi.

4. Sebagai Penambah Nafsu Makan

Daun pepaya juga dipercaya sebagai ramuan herbal penambah nafsu makan. Untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan, campurkan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian saring airnya dan minum air saringan tersebut.

5. Melancarkan Pencernaan

Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung enzim papain, chymopapain, protease, dan amilase yang sangat berguna untuk memecah nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan mineral dari makanan yang sehingga akan mendukung sistem pencernaan.

6. Ramuan Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat

Jika anda mengalami masalah kulit seperti wajah berjerawat, tenang saja untuk mengatasinya anda dapat menggunakan daun pepaya. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian jemur sebentar dan tumbuk hingga halus. Tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

7. Mencegah Kanker

Ini mungkin salah satu manfaat yang paling penting. Daun pepaya mengandung senyawa yang disebut acetogenin. Senyawa ini secara luas dikenal karena khasiat terhadap berbagai jenis kanker.

Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa sel-sel kanker di beberapa orang dapat ditutup ketika mereka minum ramuan daun pepaya secara terus-menerus. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa daun pepaya adalah salah satu obat herbal yang dapat melindungi Anda dari berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker serviks.

8. Dapat Membuat Daging Lebih Empuk

Manfaat lain daun ini adalah membuat daging lebih epuk. Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun pepaya lalu diamkan beberapa saat kemudian baru dimasak.

9. Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Jika anda pernah mengalami hipertensi, mungkin anda akan merasakan gejala yang timbul seperti pusing, kepala seperti dipukul palu, bahu tegang, serta beberapa rasa sesak pada bagian bahu dan juga dada.

Kabar baiknya, hipertensi bisa dikurangi dengan rebusan daun pepaya. Daun pepaya mengandung kalsium dan juga kalori namun rendah lemak, yang akan menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Mengobati Demam Berdarah

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun pepaya mengandung enzim seperti chymopapain dan papain yang dapat meningkatkan dan menormalkan jumlah trombosit dan kerusakan hati yang disebabkan oleh penyakit demam berdarah dan kemudian juga akan membantu pemulihan dari penyakit demam berdarah.

11. Melancarkan ASI

Daun pepaya juga bisa digunakan sebagai sayuran untuk melancarkan ASI. Herbal pelancar ASI seperti daun pepaya efektif jika dikonsumsi pada awal masa menyusui. Selanjutnya, kelancarannya tetap bergantung pada hisapan bayi.

12. Membuat Tulang Dan Gigi Menjadi Lebih Kuat

Dengan kandungan alami yang dimiliki oleh daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah sayur daun pepaya secara rutin dan teratur, agar hasil yang didapat bisa maksimal.

13. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif yang dapat mencegah Anda dari bakteri jahat. Senyawa karpain yang terkandung dalam daun pepaya adalah salah satu senyawa yang paling penting yang memiliki tanggung jawab untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh Anda. Senyawa tanin dalam daun pepaya juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan cacing yang dapat melekat pada sistem usus Anda.

14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain yang menakjubkan dari jus daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

15. Mengobati Penyakit Pembesaran Prostat

Walaupun manfaat ini perlu penelitian lebih lanjut, namun daun pepaya dipercaya dapat berguna untuk menjinakan pembesaran prostat dan setiap penyakit yang berhubungan dengan pembesaran prostat.

16. Meningkatkan Jumlah Trombosit

Jika jumlah trombosit dalam tubuh anda rendah, maka anda dapat mengkonsumsi daun pepaya sesegera mungkin karena daun pepaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Banyak bukti penelitian yang dilakukan di seluruh dunia bahwa mengkonsumsi daun pepaya bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh Anda dengan cepat.

17. Mencegah Penyakit Katarak

katarak dapat ditangani dengan tindakan operasi, tapi itu mungkin sebagai alternatif lain dari prngobatan katarak. Anda bisa mencegah dan mengobati katarak dengan ramuan herbal daun pepaya. Daun pepaya mengandung vitamin A sangat tinggi dan bisa mempengaruhi anda dalam membersihkan mata dari katarak. Konsumsi secara rutin dapat menyehatkan mata anda.

18. Mengobati Penyakit Emfisema

Emfisema adalah salah satu penyakit mematikan yang terdiri dari Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Untuk mencegah dari penyakit emfisema ini, Anda membutuhkan asupan Vitamin D yang cukup. Dan pepaya mengandung jumlah yang cukup tinggi vitamin D yang akan melindungi tubuh Anda dari penyakit yang berhubungan dengan emfisema paru-paru.

19. Membuat Kulit Lebih Sehat

Daun pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C yang lebih tinggi dari buah nya. Vitamin C dalam daun pepaya dapat melepaskan antioksidan yang akan melawan radikal bebas. Antioksidan ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah kulit dari penyakit kulit seperti jerawat, keriput, dan pigmentasi berat.

20. Melawan Infeksi

Daun pepaya juga dikenal sebagai bahan herbal yang ampuh untuk melawan infeksi baik itu disebabkan oleh virus seperti pilek atau influenza. Kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, daun pepaya dapat sangat berguna untuk membuat Anda sehat dan terbebas dari infeksi virus.

21. Membuang Racun

Daun pepaya mengandung senyawa yang bernama karpain. Karpain ini akan mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan racun lainnya dari tubuh Anda.

22. Menyembuhkan Eksim

Ini adalah solusi terbaik untuk mengobati penyakit eksim. Daun pepaya ternyata memiliki kemampuan yang besar sebagai anti-inflamasi, Oleh karena itu daun ini dapat menyembuhkan eksim. Anda bisa menggunakan daun pepaya sebagai obat eksim alami.

23. Baik untuk Perawatan Rambut

Daun pepaya memiliki manfaat besar untuk perawatan rambut. Rambut akan lebih berkilau dan tampak lebih sehat jika anda rajin menggunakan daun pepaya untuk merawatnya.

24. Sebagai Obat Anti Ketombe

Ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagau bahan pembuatan sampo anti ketombe, hal ini bertujuan untuk mengendalikan produksi serpihan ketombe. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa menimbulkan efek samping.

25. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun pepaya dapat merangsang insulin dalam tubuh sehingga akan membantu mengatur kadar gula darah dan mengatasi penyakit diabetes. Bukan hanya itu, daun pepaya juga dapat menurunkan komplikasi yang disebabkan oleh diabetes seperti kerusakan ginjal.

26. Menyembuhkan Ulkus Lambung

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The West Indian Medis Mahasiswa, daun pepaya mengandung senyawa yang dapat mencegah Anda dari ulkus lambung. Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan aktivitas glutation peroksidase, salah satu antioksidan penting yang akan melawan radikal bebas.

27. Anti penuaan

Daun pepaya mengandung lebih dari 50 asam amino seperti asam glutamat, glisin, valin, leusin, triptofan, sistein, histidin, dan banyak lagi. Semua asam amino tersebut sering digunakan sebagai bahan kosmetik. Jadi, daun pepaya ini adalah alternatif pengganti kosmetik terbaik yang dapat mengatasi masalah penuaan anda tanpa menimbulkan efek samping.

Selain 27 manfaat daun pepaya untuk kesehatan, Beberpaa manfaat daun pepaya lainnnya yang tidak kalah penting untuk anda ketahui adalah:

  • Mencegah penyakit arteri koroner
  • Mengobati penyakit tipes
  • Mengobat sakit perut
  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi cacingan
  • Memberikan nutrisi padi balita
  • Memudahkan buang air kecil
  • Menjaga tubuh tetap bugar
  • Membantu memecah protein
  • Sebagai obat dispepsia

Peringatan! Efek Samping Daun Pepaya

Sebenarnya, daun pepaya tidak menimbulkan efek samping untuk kesehatan selama itu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Akan tetapi ada beberapa orang yang rentan terhadap alergi bahan-bahan herbal atau zat kimia tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut efek samping dari daun pepaya yang perlu anda ketahui:

  1. Merangsang Beberapa Alergi

Zat kimia alami berupa Enzim papain yang terkandung dalam daun pepaya ini dapat merangsang beberapa alergi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Ugeskrift untuk Laeger, 10 dari 22 pengusaha yang terkena oleh debu papain di laboratorium menunjukkan beberapa gejala alergi dalam tubuh mereka, seperti mata gatal dan pilek.

  1. Berpotensi Berbahaya untuk Ibu Hamil

Ada saran bahwa jika anda sedang hamil maka tidak boleh mengkonsumsi daun pepaya. Ada beberapa bukti bahwa enzim papain pada daun pepaya yang belum diolah dapat meracuni janin dan dapat menyebabkan cacat lahir. Tapi hal tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut. Tetapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun pepaya selama masa kehamilan.

Itulah 37 manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Hal yang perlu diketahui dalam mengkonsumi daun pepaya adalah jangan berlebihan, dan konsumsilah secukupnya saja. www.tokoqncjellygamat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *