9 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Dan Cara Penggunaannya

Manfaat kencur untuk kesehatan – Kencur merupakan terna tidak berbatang, rimpang bercabang, berdesak-desakan, kadang-kadang berumbi. Setiap tanaman berdaun 1-3 helai, daun berbentuk jorong. Bunga berwarna putih.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Kencur terdapat dua jenis, yaitu berdaun lebar terhampar diatas tanah dan berdaun sempit agak tegak. Tanaman ni dapat ditanam didaerah dataran rendah dan tinggi. Tumbuh subur di tanah gembur dengan sedikit naungan. Baca juga: 19 cara alami mengobati sakit gigi

Kandungan Nutrisi Kencur

Kandungan dan nutrisi vitamin B mampu merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar. Ini sangat cocok untuk anak-anak agar mendapatkan nutrisi dan perkembangan berat badan yang ideal. Maka dapat disimpulkan bahwa salah satu manfaat kencur ialah dapat meningkatkan nafsu makan.

7 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Dan Cara Penggunaannya

  1. Menyembuhkan Migrain

Caranya : Ambil kencur sebesar ibu jari ditambah dengan jahe dan lempuyang secukupnya kemudian memarkan. Campur dengan teh adas, pulasari, dan air secukupnya. Peras ramuan tersebut lalu tambahkan sedikit madu sebelum dikonsumsi. Minum 3 kali dalam sehari masing-masing 2 sendok makan.

  1. Menyembuhkan Asma

Caranya : Siapkan kencur secukupnya lalu parut dan peras airnya. Campur perasan kencur dengan 1 butir kuning telur ayam kampung dan 2 sendok makan madu. Campur dan aduk sampai rata, diamkan sebentar lalu minum.

  1. Menyembuhkan Rematik

Caranya : Siapkan 1 ons kencur kemudian potong-potong tipis. Campur dengan ½ ons jahe dan 1 ons beras yang telah digerus serta 1 ons biji kedawung. Campur semua ramuan tersebut dan rebus dengan 2 gelas air . Rebus sampai mendidih hingga tersisa separuhnya saja. Tampahkan dengan madu dan perasan jeruk nipis kemudian minum secara teratur 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  1. Menyembuhkan Tetanus

Caranya : Rebus kencur yang di campur dengan setengah genggam jinten bersama 3 gelas air lalu tambahkan dengan 3 ruas jari gula aren. Rebus sampai mendidih dan airnya hanya tersisa setengahnya saja. Setelah dingin, minum air rebusan tersebut 2 kali sehari secara teratur.

  1. Menyembuhkan Masuk Angin dan Muntah

Caranya : Kunyah 1,5 ruas jari kencur bersama dengan sedikit garam. Setelah dikunyah halus, telan kunyahan kencur bersama dengan air hangat. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari.

  1. Menyembuhkan Batuk

Caranya : Parut kencur sebanyak 3 potong dengan ukuran jari. Tambahkan dengan setengah gelas air garam kemudian aduk dan peras dengan menggunakan kain halus. Selanjutnya minum ramuan tradisional ini setiap pagi dan sore hari hingga batuk sembuh.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Caranya : Ambil kencur dan temulawak sebesar ibu jari, 5 butir jinten, gula aren secukupnya dan asam kawak kemudian lumatkan. Seduh dengan menggunakan segelas air panas lalu saring. Tambahkan dengan sedikit air perasan jeruk nipis lalu minum secara rutin setiap pagi hari.

  1. Pelangsing Tubuh

Caranya : Seduh dengan air panas kencur yang telah dimemarkan bersama dengan 1 sendok teh tepung beras dan gula kelapa secukupnya. Diamkan selama beberapa saat, setelah dingin saring ramuan tersebut dan minum 3 kali dalam sehari.

Itulah 7 manfaat kencur untuk kesehatan dan cara penggunaannya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. www.tokoqncjellygamat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *