Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil – Ubi jalar adalah salah satu makan pokok untuk beberapa daerah. Dan untuk daerah lainnya dimanfaatkan sebagai makanan selingan. Kebnyakan daerah di Indonesia memang mengkonsumsi beras. Namun apabila ketersediaan sulit maka ubi jalar adalah makanan alternatifnya.

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Ubi jalar, ketela rambat atau sweet potato awalnya berasal dari benua Amerika. Ahli botani dan ahli pertanian memperkirakan daerah asalnya yaitu diantara Selandia Baru, Polinesia dan Amerika bagian tengah. Selanjutnya ubi jalar mulai tersebar ke seluruh dunia.

Saat ini ubi jalar tidak hanya direbus saja. Ubi jalar kini bisa dijadikan berbagai olahan. Ia juga bisa dijadikan kue. Caranya yaitu dengan membuatnya menjadi tepung ubi jalar terlebih dahulu. Apakah Anda suka makan ubi jalar? Yakin tidak suka? Oke, biar Anda bisa suka, akan kami ulas manfaat ubi jalar untuk ibu hamil untuk Anda. Bac juga: Manfaat Asam Jawa Untuk Diet Dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

1. Sebagai sumber vitamin A

Ubi jalar menariknya juga salah satu makanan yang kaya akan kandungan vitamin A. American Pregnancy Association menyatakan bahwa ibu hamil setiap harinya harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A setidaknya sebanyak 700 mikrogram. Sebagai sampel, setidaknya dalam 1 cangkir ubi jalar mengandung 1.922 mikrogram kandungan vitamin A.

2. Memiliki banyak serat

Ubi jalar menjadi makanan yang menyehatkan karena ia memiliki kandungan serat yang cukup. Konstopasi atau sembelit adalah masalah kesehatan yang sering terjadi. Konstipasi ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi makanan dengan kadar serat tinggi. Jadi, ubi jalar cocok dikonsumsi saat hamil. Apalagi kandungan seratnya yaitu sebanyak 6.6 gram dalam 1 cangkir ubi jalar. Sedangkan untuk kebutuhan serat harian yaitu  28-34 gram.

Baca juga:

3. Ubi jalar juga memiliki kandungan kalium

Kalium juga salah satu unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan tubuh akan unsur ini yaitu sebanyak 4,7 gram, ini untuk wanita yang tidak hamil. Sedangkan untuk wanita yang sedang hamil yaitu sebesar 5.1 gram. Untuk kandungan kalium dalam 1 cangkir ubi jalar yaitu sebanyak 950 mikro gram.

4. Menyuplai vitamin C dalam tubuh

Sperti yang sudah kita ketahui, vitamin C adalah vitamin yang berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Selain itu, ia juga sebagai antioksidan alami dalam tubuh, sehingga Anda akan terhindar dari serangan radikal bebas. Dan dalam kondisi kehamilan, wanita rata-rata membutuhkan vitamin C sekitar 80-85 miligram. Dan ketersediaan vitamin C dalam ubi jalar yaitu sebanyak 39,2 miligram.

5. Ubi jalar menyumbang vitamin B–6

Selain vitamin C, dalam ubi jalar juga terdapat kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memiliki fungsi dalam membentuk sel darah merah. Vitamin B6 dalam ubi jalar juga mampu mencegah muntah. Jadi ketika sedang hamil dan mual-mual, maka ubi jalar cocok untuk dikonsumsi. Sebuah penelitian menyebutkan, vitamin B6 seberat 1,9 gram merupakan kebutuhan vitamin B6 tiap harinya. Dan dalam 1 cangkir ubi jalar terdapat setidaknya sebesar 1,6 gram vitamin B6.

Dengan mengkonsumsi ubi jalar tidak berbahaya bagi ibu hamil. Malah kebalikannya, mengkonsumsi ubi jalar saat hamil malah memberikan gizi dan nutrisi yang cukup.

posted by : www.tokoqncjellygamat.com

Info Kesehatan Lainnya:

Hendi Permana

Suka badminton, renang, dan futsal. Saat ini rutin menulis di tokoqncjellygamat.com memberikan tips kesehatan dan pengobatan herbal alami. Ikuti saya di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *